Senin, 14 November 2016

Bahaya Konsumsi Gula Berlebihan

Posted By: arini - 05.50
Bahaya Konsumsi Gula Berlebih bagi Kesehatan Tubuh, Selama ini gula merupakan salahsatu perasa makanan yang digunakan agar makanan mememiliki rasa yang manis. Dengan ditambahkannya gula pada makanan semakin menambah citarasa makanan. Namun, banyak yang belum tahu bahwa jika dikonsumsi secara berlebihan gula bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh seseorang. Salhsatu dampak buruk yang sederhana saja, mengkonsumsi gula berlebih bisa menyebabkan berat badan naik dan meningkatkan resiko terkena obesitas.
Namun itu baru salahsatu saja, masih banyak dampak masalah kesehatan lainnya akibat konsumsi gula yang berlebih. Tanpa disadari gula menggangu kesehatan bahkan mengancam kesehatan tubuh. Dengan semakin seringnya mengkonsumsi gula, maka berbagai masalah kesehatan akan mulai mengintai Anda.

Dampak dan Bahaya Gula bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Konsumsi Gula Berlebih untuk Kesehatan Tubuh
Gambar Ilustrasi
Maka dari itu jangan menganggap remeh tentang konsumsi gula berlebih ini dan Anda harus mulai mengontrol asupan makanan yang Anda konsumsi. Dibawah ini beberapa dampak kesehatan dan bahaya gula yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi gula secara berlebih. Simak uraian lengkapnnya!
1.) Merusak Jantung
Penelitian dalam Journal of American Heart Association pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa kebanyakan mengkonsumsi gula bisa membuat terganggunya cara kerja organ jantung dalam melakukan fungsinya sebagai pemompa darah. Hasil studi tersebut menyatakan bahwa molekul yang terdapat dalam gula yang disebut dengan glukosa 6-fosfat bisa mengakibatkan otot jantung berubah dan apabila hal tersebut terus dibiarkan, maka gula sama saja dapat meningkatkan seseorang terkena gagal jantung.
2.) Lemak pada Perut
Sekarang ini kasus obesitas semakin meningat dari tahun-ketahunnya dikarenakan semakin banyaknya orang yang kurang memperhatikan akan pentingnya kesehatan tubuhnya, salahsatunya yaitu mengkonsumsi gula secara berlebihan. Apabila seseorang mengkonsumsi gula secara berlebihan maka resiko tertimbunnya lemak pada lingkar pinggang dan perut Anda semakin meningkat dan bisa menyebabkan obesitas.
3.) Gula Diam-diam Mematikan
Selain garam yang dapat mengingkatkan tekanan darah tinggi ternyata sama halnya dengan mengkonsumsi gula. Banyak orang yang menganggap kegemukan yang terjadi akibat mengkonsumsi gula adalah hal yang wajar namun apabila dibiarkan konsumsi gula berlebih dapat mengancam kesehatan seseorang dari waktu-kewaktu.
4.) Kanker
Bagi orang-orang yang menderita kanker, mengkonsumsi gula dengan jumlah yang tinggi akan membuat kesempatan bertahan hidup semakin relatif rendah, apalagi kanker payud-ra dan kanker usus besar.
5.) Kecanduan
Gula memiliki sifat yang buruk bagi tubuh sama halnya dengan alk0h0l yang bisa membuat seseorang kecanduan. Pada saat konsumsi gula mulai ditinggalkan biasanya seseorang akan merasakan lapar dan memiliki keinginan kembali untuk megkonsumsi gula.
6.) Hati
Pada sebuah penelitian yang dilakukan menunjukan bawa gula dan Alk0h0l memiliki efek yang beracun bagi organ hati. Jika konsumsi gula berlebihan maka organ hati akan terganggu fungsinya karena mengalami kerusakan.
7.) Otak
Dampak buruk bagi kesehatan akibat mengkonsumsi gula berlebih selanjutnya adalah berhubungan dengan otak. Sebuah penelitan yang dilakukan pada tahun 2009 menunjukan bahwa konsumsi gula memiliki kaitan erat dengan terjadinya penuaan yang terjadi dalam sel-sel otak.
8.) Gula Tersembunyi
Mungkin Anda berfikir bahwa gula ada hanya pada makanan yang memiliki rasa yang manis saja seperti permen, biskut dan lainnya, namun nyatanya tidak. Beberapa jenis makanan yang tidak memiliki rasa yang manis bisa saja mengandung gula, misalnya roti, kraker dll. Maka dari itu, Anda sebaiknya memperhatikan selalu makanan yang akan dikonsumsi setiap harinya.
9.) Usia
Menurut penelitan yang telah dilakukan pada tahun 2013, diperkiranakan sekitar 180 ribu kematian didunia disinyalir karena konsumsi makanan yang memiliki kandungan pemanis. Maka sudah tak heran bahwa gula memiliki hubungan dengan beberapa penyakit seperti penyakit jantung, penyakit kanker dan penyakit diabetes.
10.) Gula Merusak Gigi
Menurut Asosiasi Dental Amerika (ADA) jenis makanan dan juga minuman yang tinggi akan kandungan gula bisa menimbulkan karang dan juga memicu munculnya lubang pada gigi dan menyebabkan sakit gigi. Gula adalah makanan yang dikonsumsi bakteri dan bisa menghasilkan asam yang mengakibatkan gigi berlubang. Maka dari itu ADA memberikan saran untuk mengurangi konsumsi jenis makanan yang mengandung gula, selain itu rutin menyikat gigi setelah makan agar gigi berlubang dapat dicegah.
11.) Diabetes
Dan bahaya yang sering dikemukakan oleh para peneliti tentang gula adalah resiko penyakit diabetes. Apabila gula dikonsumsi secara berlebihan maka akan membuat sistem insulin dalam tubuh menjadi terganggu dan akibat apabila tidak terkeontrol maka akan meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2.
Diatas merupakan Bahaya Gula bagi Kesehatan Tubuh, dengan adanya informasi tersebut Anda diharapkan bisa mengontrol konsumsi harian gula Anda. Hindari mengkonsumsi gula atau makanan yang mengandung gula berlebih dan mulai beralihlah dengan membiasakan diri mengkonsumsi berbagai makanan-makanan yang sehat seperti buah dan sayuran.
Selain itu, biasakan diri untuk melakukan gaya hidup sehat seperti olahraga dengan rutin, mengkonsumsi makanan bergizi dan merawat tubuh sekaligus jaga lingkungan agar tetap bersih sehingga Anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.


hariansehat.com

About arini

Magazine Power Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Ads

Copyright © 2015 All Rights Reserved

Blogger Templates Designed by Templatezy