Sabtu, 05 November 2016

Minuman Khas Solo

Posted By: arini - 03.44
1.Es Dawet Telasih

Tentu sebagian dari anda telah mencicipi es dawet. Minuman segar asli Indonesia yang cocok di minum siang hari, apalagi waktu panas siang bolong. Es Dawet telasih ,berbeda dari minuman dawet umumnya. Dibuat seperti dawet pada umumnya tapi  menambahkan isi lebih banyak antara lain terdiri dari bubur ketan hitam, bubur sumsum, tape ketan, biji telasih dan cendol (isi utama dawet). Jika anda berminat datanglah ke  Pasar Gedhe Solo, salah satunya Es dawet Telasih Bu dermi.

2.Wedang Ronde

Pelengkap begadang malam atau sekedar nongkrong buat ngangetin badan. Ya, Wedang ronde tentu akan menjadi salah satu minuman wajib anda. Minuman khas Solo ini telah menjadi ikon minuman malam wajib. Minuman yang dibuat dari rebusan jahe dan diguyuri air panas dengan sedikit gula jawa sebagai pemasinya kemudian isinya ada kacang tanah, kolang kaling, dan bulatan kenyal yang berisi berisi tumbukan kacang wijen. Penjaja Wedang Ronde telah banyak ditemukan diantaranya di sekitaran Stadion Manahan Solo pada malam hari.

3.Wedang uwuh

Satu lagi minuman teman begadang malam anda, wedang uwuh. Dalam bahasa jawa “uwuh” berarti sampah. Tentu anda akan berpikir 2 kali untuk meminumnya. Tapi jangan salah justru minuman ini dibuat dari berbagai rempah-rempah pilihan. Telah menjadi salah satu minuman khas sejak jaman penjajahan Belanda. Wedang uwuh dibuah dari daun cengkeh kering, daun kayu manis kering, gula batu, butir cengkeh dan jahe kering. Dengan banyaknya rempah tentu akan menimbulkan berbagai rasa bagi anda penikmatnya. Salah satu tempat yang dapat anda datangi adalah di Dapur Solo, Purwosari. Atau warung hik disekitaran Stadion Manahan Solo.

4.Wedang Asle

Apabila telah menikmati wedang Ronde jangan lupa dengan wedang asle. Wedang yang menjadi saudara wedang ronde. Minuman ini biasanya selalu hadir apabila ada acara wayangan karena selain nikmat sebagai minuman penghangat badan tapi juga dapat sebai pengganti makanan. Resepnya pun tergolong mudah, yaitu air santan panas dan diberi beras ketan, agar-agar dan roti tawar sebagai pelangkapnya. Penjaja wedang asle pun tak sedikit, di sekitaran Stadion Manahan Solo tepat. Tak hanya malam sekarang wedang asle juga dapat ditemukan siang hari.

5.Es Gempol Plered

Gempol adalah makanan yang terbuat dari tepung beras. Memiliki bentuk bulat, berwarna putih dan berukuran sebesar bakso. Sedang Plered adalah tepung ketan yang telah dipipihkan dan diplered(dibuat cekung) yang lalu dikukus. Disajikan bersama santan putih yang diberi sedikit gula sebagai pemanisnya. Minuman ini selain nikmat dan segar,juga bisa sedikit mengenyangkan perut anda yang lapar .Es gempol plered cocok untuk penganti makan siang sementara , mungkin bagi anda yang nungguin temen. Penjajanya anatara lain di sekitar Pasar Gedhe serta Stadion Manahan Solo.

6.Beras Kencur

Minuman khas Solo ini lebih sering di kenal sebagai jamu. Dulu banyak penjaja jamu kencur yang berkeliling di daerah Solo. Tapi sekarang akan agak sulit menemukannya. Kini beras kencur tak hanya dimanfaatkan sebagai jamu saja. Tapi juga sebagai minuman, es beras kencur. Jika anda datang ke beberapa tempat makan maka anda akan menemukan menu minuman es beras kencur. Salah satunya di Dapur Solo.

7.Es Potjong

Es kreasi asal Solo. Tak ada salahnhya anda untuk datang dan mencobanya. Es yang dibuat dari es dengan komposisi bubur dicampur sirup ditambah mochi, creamer dan topping. Ada beberapa topping yang bisa anda pilih antara lain roti oreo, nata de coco, kelapa muda, strawberry. Es Potjong berlokasi di kawasan Sri Wedari,pada City walk slamet riyadi (sebrang graha prioritas).

8.Es Dawet Jeruk nipis

Aneka kreasi dawet solo masih belum habis. Es dawet jeruk nipis atau yang lebih dikenal es dawet pak cip. Banyak kalangan yang mungkin belum mengenalnya dan juga kalah tenar dengan es dawet Telasih. Tapi soal rasa bisa ditandingin. Memiliki warna merah dengan rasa asem manis. Rasa asem ini muncul dari perasan jeruk nipis, sedang warna merah  ini dari bubuk ketan merah. Es Dawet pak Cip ini berada di Pasar Kadipolo.

9.Shi jack

Spot terkenal untuk menikmati susu segar di solo adalah di warung dengan luas 5 x 2 meter yang terkenal dengan sebutan Shi Jack. Meski jam buka warung hanya antara jam 18.00-00.00, susu segar shi jack selalu ramai dikunjungi pengunjung dari dalam maupun luar kota. Karena susu yang digunakan adalah susu perasan sapi asli. Jadi, pastikan anda datang awal agar tidak kehabisan stok. Pusat warung susu murni Shi Jack ada di Jl. Kapt. Mulyadi (depan benteng Vastenberg).

10.Es Teler Kobar

Siang nan panas dan terik tentu akan membuat anda merasa kehausan. Tentu anda akan mencari minuman apa yang cocok untuk memuaskan rasa dahaga anda. Cobalah untuk menikmati Es Teler Kobar. Dengan rasa dingin dan segar yang akan memanjakan tenggorokan anda . Es Teler Kobar adalah salah satu menu andalan di Es Kobar, yang terletak di dekat lapangan kota barat Solo, berdekatan dengan Stadion Manahan Solo.

About arini

Magazine Power Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Ads

Copyright © 2015 All Rights Reserved

Blogger Templates Designed by Templatezy